Konsentrasi

Program Studi S1 Desain Komunikasi Universitas Ma Chung mempunyai keunggulan komparatif dibanding dengan program studi yang sama pada Perguruan Tinggi lainnya di Indonesia. Fokus pengembangan ilmu desain Universitas Ma Chung diarahkan pada Desain Media Digital yang menopang Industri Digital. Fokus pengembangan Desain Komunikasi Visual tersebut menjadi keunggulan dan penciri yang spesifik dari Universitas Ma Chung. Fokus pengembangan ini telah dipikirkan sejak awal berdirinya universitas dan merupakan idealisme para pendiri Universitas Ma Chung. Fokus pengembangan Desain Media Digital didiferensiasikan ke dalam 2 wilayah/bidang konsentrasi, yaitu:

  1. Dua Dimensi: Pengembangan Desain Media Digital 2 Dimensi. Pengembangan desain dan gambar diawali dengan pengembangan Desain 2 Dimensi (2D). Peralihan perkembangan media dari media konvesional ke media digital masih tetap menggunakan desain 2 Dimensi. Hal ini terkait dengan desain tampilan 2 Dimensi yang mana sampai saat ini tetap dibutuhkan oleh Industri Digital secara global, regional dan di Indonesia. Pergeseran kebutuhan dan perkembangan teknologi membuat desain media 2 Dimensi yang dahulunya dicetak menjadi digital memerlukan pengetahuan dan keahlian khusus di bidang tersebut. Bidang konsentrasi 2 yang ingin dikembangkan oleh Universitas Ma Chung pada hakikatnya ingin menjadi bagian dari masyarakat Indonesia dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang kreatif yang mendukung industri kreatif khususnya industri digital di Indonesia. Beberapa bagian dari Desain Komunikasi Visual yang dikembangkan pada Program Studi S1 Universitas Ma Chung adalah; Web Design, Periklanan Digital, Desain Komik, Desain Infografik, Game Development, Desain Antarmuka (Interface Design), Experience Design dan Fine Art.
  2. Tiga Dimensi: Pengembangan Desain Media Digital 3 Dimensi. Perkembangan desain 3 Dimensi digital berkembang seiring perkembangan teknologi. Seiring dengan perkembangan itu maka kita dapat menemui aplikasi yang memiliki unsur 3 Dimensi. Fenomena ini dijadikan peluang bagi Universitas Ma Chung dalam mengembangkan pendidikan Desain Komunikasi Visual berbasis Desain Media Digital 3 Dimensi. Adapun bagian yang akan menjadi kekuatan Desain Komunikasi Visual Universitas Ma Chung adalah: Permodelan Karakter 3D, Animasi 3D, 3D Modelling, Multimedia Interaktif, 3D Game Development dan 3D Film Effect.

Kedua bidang konsentrasi di atas menjadi bagian karakteristik Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual Universitas Ma Chung. Dengan corak yang khas tersebut, Universitas Ma Chung berkeinginan menjadi trend setter pendidikan tinggi di Indonesia dalam riset dan pengembangan ilmu dan industri kreatif, khususnya desain media digital. Berikut adalah posisi dan area yang menjadi fokus Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual Ma Chung yaitu desain media digital yang akan berkaitan dengan bidang lainnya berdasarkan pada Keputusan Menteri Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor KEP.109/MEN/VI/2010 tentang Penetapan Rancangan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Sektor Komunikasi dan Informatika Sub Sektor Teknologi dan Informatika Bidang Desain Grafis menjadi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia.