Sultan Arif Rahmadianto, S.Sn., M.Ds.

24

Sultan Arif Rahmadianto, S.Sn., M.Ds.

A. IDENTITAS DIRI

  1. Nama Lengkap : Sultan Arif Rahmadianto
  2. Jabatan Fungsional : Asisten Ahli
  3. Jabatan Struktural : –
  4. NIP : 20140015
  5. NIDN : 0721068903
  6. Tempat dan Tanggal Lahir : Malang, 21 Juni 1989
  7. Alamat Email : sultan.arif@machung.ac.id
  8. Lulusan yang Telah Dihasilkan :
  9. Mata Kuliah yang Diampu : 1) Pengantar DKV; 2) Praktikum Teknologi Informasi; 3) Komputer Grafis; 4) Branding & Identitas; 5) Animasi; 6) Teknik Presentasi; 7) Desain Media Digital; 8) Game Design & Development; 9) User Interface Design; 10) Animasi 3D

Memiliki spesialisasi pengembangan desain media digital yang meliputi (animasi 2D/3D, multimedia interaktif, desain grafis dan games)

B. RIWAYAT PENDIDIKAN

  1. Sarjana (S1) – Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (2007-2011).  Judul Skripsi : Perancangan Multimedia Interaktif PengenalanBudaya  Daerah  Indonesia untuk Memupuk Rasa Cinta Tanah Air pada Anak.
  2. Magister (S2) – Program Pascasarjana Desain Media Digital, Institut Teknologi Bandung (2012-2014). Judul Thesis/TA : Perancangan Action Adventure Game Tokoh Sakerah Etnis Madura.

C. PENGALAMAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

  1. PPM Fakultas Sains dan Teknologi – Program Penerapan Keilmuan dan Teknologi pada Masyarakat (2015).
  2. Ma Chung Abdimas Grant – Perancangan Video Tutorial Budidaya Tanaman dan Pengolahan Sampah Kampung Terapi, RW 03, Kelurahan Sukun, Kecamatan Sukun, Kotamadya Malang (2016).
  3. Ristekdikti – IBM Biopori sebagai Upaya Konservasi lingkungan dan Penggerak Perekonomian Lokal di Tlogomas Malang. (2016).
  4. Ma Chung Abdimas Grand – IbM Komunitas Batik Malang Menjaga warisan budaya melalui peningkatan kreativitas dan produktivitas kegiatan membatik (2017).
  5. Ma Chung Abdimas Grand – IbDM di desa Tegalweru, Kab Malang (2017).
  6. Ma Chung Abdimas Grand – IbM. Mocca Animation Studio Malang Guna Meningkatkan pemasaran melalui strategi Branding & Identitas (2018).
  7. Ma Chung Abdimas Grand – Ipteks Bagi Masyarakat (IbM) Tegalweru Pengembangan Kemampuan Pengelolaan Potensi Lokal Desa Tegalweru (2018).

D. PENGALAMAN PENELITIAN

  1. Thesis – Perancangan Action Adventure Game Tokoh Sakerah Etnis Madura. (2014)
  2. Ma Chung PDP – Perancangan Corporate Identity S1 DKV Universitas Ma Chung untuk Meningkatkan Brand awareness. (2016)
  3. Ma Chung Research Grand – Perancangan Multimedia Interaktif Pengenalan DKV Ma Chung Sebagai Upaya Meningkatkan Brand Equity. (2017).
  4. Ma Chung Research Grand – Perancangan Explainer Videos Universitas Ma Chung Sebagai Inovasi Media Promosi (2018).

E. ARTIKEL/PUBLIKASI DALAM JURNAL/PROSIDING

  1. Rahmadianto, Sultan A. (2014). Strategi Promosi Topeng Malang Sanggar Asmoro Bangun Menghadapi MEA 2015. Dalam Proceeding Seminar Nasional : Peran Seni Budaya Menyongsong MEA 2015, 27-28 November 2014, Universitas Negeri Malang. Hlm. 66-73.
  2. Rahmadianto, Sultan A. (2015). Pengerangkaan Identitas Visual Sakerah sebagai Representasi Etnis Madura. Dalam Jurnal Desain Komunikasi Visual KREATIF , Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Visi Indonesia. Hlm. 206-216.
  3. Rahmadianto, Sultan A. (2015). Perancangan Multimedia Interaktif Pengenalan Budaya Lokal Indonesia untuk Anak Sekolah Dasar. Dalam Scientific Communication Forum, Universitas Ma Chung. Hlm. 11-22.
  4. Rahmadianto, Sultan A. (2016). Brand Roadmap sebagai Upaya Meningkatkan Ekuitas Merek. Dalam Jurnal An Anthology, Universitas Ma Chung. Hlm. 117-125.
  5. Rahmadianto, Sultan A. (2016) Perancangan Corporate Identity S1 DKV Universitas Ma Chung untuk Meningkatkan Brand awareness. Dalam Jurnal Desain Komunikasi Visual KREATIF , Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Visi Indonesia. Hlm. 283-297.
  6. Rahmadianto, Sultan A. (2017) Peningkatan Kreativitas Dan Produktivitas Kegiatan Membatik Di Kelurahan Tlogomas Malang. Dalam Jurnal Aplikasi Sains dan Teknologi JAST-Universitas Tribuana Tunggal Dewi.
  7. Rahmadianto, Sultan A. (2018) Perancangan Multimedia Interaktif Pengenalan Dkv Ma Chung Sebagai Upaya Meningkatkan Brand Equity. Dalam Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia ANDHARUPA, Universitas Dian Nuswantoro.

F. PRESTASI

  • Nominator INAICTA 2013 : Digital Interactive Media : Virtual Interactive Avatar for Karaoke Room
  • Nominator lomba aplikasi Intellectual Property Rights Application Challenge GEPI 2013 dan kedutaan besar Amerika Serikat : Detective ORI.