Visi dan Misi

Visi Perguruan Tinggi

“Memuliakan Tuhan melalui akhlak, pengetahuan, dan kontribusi nyata sebagai insan akademik yang berdaya cipta”

Misi Perguruan Tinggi

  1. Menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran tinggi, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat secara berkualitas, fokus, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat kini dan akan datang.
  2. Membentuk dan mengembangkan angkatan-angkatan motivator dan pemimpin masyarakat yang memiliki potensi dan kapasitas moral yang luhur, berjiwa kepemimpinan dan kewirausahaan yang betitik berat pada pembentukan akhlak dan kepribadian unggul, rendah hati, melayani, dan berkontribusi sebagai manusia yang utuh.
  3. Mendorong dan mengembangkan sikap serta pemikiran yang kritis-prinsipil dan kreatif-realistis berdasarkan kepekaan hati nurani yang luhur.
  4. Menghasilkan lulusan siap pakai yang berkualitas tinggi yang mampu bersaing di pasar global.
  5. Berperan aktif dalam meningkatkan peradaban dunia dengan menghasilkan lulusan yang berwawasan global, toleran, dan cinta damai, serta produktif dalam menghasilkan karya cipta yang mendukung peningkatan martabat manusia global.
  6. Melaksanakan pengelolaan perguruan tinggi berdasarkan prinsip ekonomis dan akuntabilitas.

Visi Program Studi Desain Komunikasi Visual

‘Menjadi Program Studi Desain Komunikasi Visual yang unggul dalam menghasilkan lulusan yang kreatif dan inovatif serta berwawasan global dan kewirausahaan dalam menghasilkan karya cipta desain media digital yang memuliakan Tuhan dengan akhlak mulia, pengetahuan, dan kontribusi nyata untuk masyarakat luas

Misi Program Studi Desain Komunikasi Visual

Melalui Pendidikan dan Pengajaran

  1. Inovasi yang berkelanjutan dalam melaksanakan Program Pendidikan Desain Komunikasi Visual yang berwawasan global.
  2. Menyelenggarakan program pendidikan desain komunikasi visual yang bebasiskan penguasaan teknologi digital, kemampuan managerial dan kewirausahaan.
  3. Mengembangkan sarana dan prasana pendukung proses pendidikan desain komunikasi visual.

Melalui Penelitian

  1. Melaksanakan penelitian di area desain media digital yang berwawasan global
  2. Membangun pusat kajian penelitian media digital yang bersinergi dengan pusat penelitian lainnya.

Melalui Pengabdian Masyarakat

  1. Aktif berperan serta dalam menggerakan industri kreatif khususnya industri digital dan aplikasi desain digital.
  2. Ikut berperan serta dalam menjaga dan memasyarakatkan penggunaan hak cipta / kekayaan intelektual pada hasil karya cipta media digital.

Tujuan Penyelenggaraan Program Studi (PS)

Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual adalah salah satu Program Studi baru Universitas Ma Chung yang merupakan bagian dari “blue print”/cetak biru pendirian Universitas. Hal ini menunjukkan bahwa Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual didukung penuh oleh para pendiri dan disertai dengan proses tata kelola dan pengembangan kapasitas universitas. Pendirian Program Studi Desain Komunikasi Visual mendukung visi Univeritas Ma Chung guna menghasilkan insan akademik yang berdaya cipta. Visi universitas ini menjadi fondasi yang kuat dalam merumuskan Visi Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual Universitas Ma Chung, yaitu:

“Menjadi Program Studi Desain Komunikasi Visual yang unggul dalam menghasilkan lulusan yang kreatif dan inovatif serta berwawasan global dan kewirausahaan dalam menghasilkan karya cipta desain media digital yang memuliakan Tuhan dengan akhlak mulia, pengetahuan, dan kontribusi nyata untuk masyarakat luas”.

Dalam mencapai visinya, Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual Universitas Ma Chung mengemban misi Program Studi, yaitu.

  1. Melalui Pendidikan dan Pengajaran
  2. Inovasi yang berkelanjutan dalam melaksanakan program pendidikan desain komunikasi visual yang berwawasan global.
  3. Menyelenggarakan program pendidikan desain komunikasi visual yang bebasiskan penguasaan teknologi digital, kemampuan managerial dan kewirausahaan.
  1. Mengembangkan sarana dan prasana pendukung proses pendidikan desain komunikasi visual.
  2. Melalui Penelitian
  3. Melaksanakan penelitian di area desain media digital yang berwawasan global
  4. Membangun pusat kajian penelitian media digital yang bersinergi dengan pusat penelitian lainnya.
  5. Melalui Pengabdian Masyarakat
  6. Aktif berperan serta dalam menggerakan industri kreatif khususnya industri digital dan aplikasi desain digital.
  7. Ikut berperan serta dalam menjaga dan memasyarakatkan penggunaan hak cipta / kekayaan intelektual pada hasil karya cipta media digital.

Berpijak pada visi dan misi tersebut, Universitas Ma Chung merumuskan Tujuan Penyelenggaraan Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual, sebagai berikut :

  1. Membekali mahasiswa dengan pengetahuan konsep teoritis ilmu desain komunikasi visual dan keterampilan operasional serta teknologi digital sehingga mampu untuk mengambil keputusan yang tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis yang logis, kritis, sistematis dan inovatif serta melengkapi mahasiswa dengan keterampilan berkomunikasi efektif baik verbal maupun tertulis.
  2. Mewujudkan dan mengembangkan riset berkualitas skala nasional dan internasional dalam menghasilkan karya cipta desain media digital, serta produktivitas hasil riset dan HAKI.
  3. Mewujudkan kerjasama riset dan non-riset yang sinergis dengan stakeholder internal dan eksternal dalam rangka mengembangkan ilmu desain media digital dan teknologi yang berkaitan, serta diseminasi iptek dan hasil iptek.
  4. Melaksanakan eksibisi edukasi dan pameran hasil karya digital sebagai sarana peningkatan minat siswa dan masyarakat awam tentang desain komunikasi visual dalam kehidupan sehari-hari.
  5. Membentuk lulusan yang berkepribadian orisinal, terpercaya, gigih, kreatif, dinamis, ramah dan menyenangkan, mengedepankan prestasi, profesional, bertanggungjawab, mampu bersinergi, rendah hati dan peka memberikan kontribusi dalam membangun masyarakat dan lingkungan sesuai dengan 12 Nilai Universitas Ma Chung.